Sabtu, 24 Mei 2014

Just Essay! MIRAI

Meningkatkan Motivasi Belajar Anak Indonesia

Seperti yang kita ketahui, diNegara kita sekarang ini masih kurangnya minat belajar dan berkreasi seorang anak dikarenakan kurangnya bimbingan dan pengawasan orangtua.  Padahal dengan belajar dan berkreasi kita dapat mengetahui apa saja yang belum kita ketahui, dan menciptakan segala sesuatu kreasi yang dapat mengangkat nama Bangsa Indonesia dimata Negara lain. Belajar itu dibutuhkan agar kelak kita dapat menjadi orang sukses yang berguna juga bagi Bangsa dan Negara. Agar terciptanya pandangan bahwa Indonesia adalah Negara yang kaya akan sumberdaya alam, budaya, serta ilmu.
Membimbing dan meningkatkan minat belajar pada anak usia dini sangatlah penting. Peran guru dan orangtua dibutuhkan disini. Guru (orangtua pengganti) disekolah  bertugas membimbing anak (murid)  dan memberikan mata pelajaran dengan gaya dan caranya yang berbeda-beda agar anak tersebut mengerti serta memahami pelajaran yang diberikan tanpa rasa bosan, dan juga kemampuan berkomunikasi harus dikuasai oleh seorang guru. Misalnya Berbicara dengan intonasi yang berbeda-beda sesuai kebutuhan, karena intonasi yang monoton dapat membuat anak bosan dan menolak. Jika guru dapat menguasai semuai itu tentu dapat meningkatkan minat belajar pada anak (murid). Bimbingan dan pengawasan orangtua juga sangat dibutuhkan untuk menunjang hal tersebut. Belajar tanpa dibimbing dan diawasi orang tua juga dapat membuat anak menjadi malas belajar. Oleh karena itu, orangtua dan guru wajib membimbing  dan mengawasi anak agar senantiasa giat belajar.
Tak hanya bimbingan, motivasi atau dorongan pun sangat menunjang hal ini. Motivasi dari orangtua sangat dibutuhkan, misalnya dengan menceritakan pengalaman baik dan berharga , agar bisa dicerna dan kemudian tertanamlah perbuatan yang baik. Dapat pula dengan memberikan apresiasi atau hadiah agar anak lebih semangat lagi. Guru juga bisa memberi motivasi lewat cerita-cerita pahlawan atau buku yang sedang dipelajari saat itu yang berguna untuk memotivasi. Teman pun dapat memberi motivasi namun bisa baik dan buruk dalam belajar, maka lebih berhati-hatilah dalam memilih teman, jangan sampai menjerumuskanmu dalam hal yang buruk.
Ada beberapa cara membangun motivasi dalam belajar tetapi hal itu kembali kepada kepada diri masing-masing : contohnya Mencari dan berkumpul dengan orang yang gemar belajar, Berdiskusi atau membahas bersama dengan teman mengenai pelajaran yang dianggap sulit, Bisa mempergunakan internet karena media itu akan membantu mencari kata-kata atau materi yang sulit dalam pelajaran, Berteman dengan orang yang selalu optimis untuk sukses karena dapat membuka wawasan dan cara berpikir untuk menuju sukses, Sempatkan waktu untuk membaca biografi seorang yang sukses meniti karir dari 0 (nol) sampai sukses agar dapat terinspirasi.
Cara lain yang dapat pula meningkatkan minat belajar anak yaitu dengan media elektronik maupun non elektronik. Media elektronik misalnya  internet, dengan internet kita dengan mudah mengakses berbagai pelajaran atau pembahasan disekolah yang kita kurang mengerti tanpa harus lelah pergi keluar rumah atau membeli buku. Dan yang dimaksud media non elektronik adalah bimbel (bimbingan belajar). Sekarang ini kita ketahui banyak bimbingan belajar (bimbel) yang sudah ada diberbagai tempat dijakarta, dll. Bimbel tersebut berguna untuk memberi pelajaran tambahan disaat sang anak kesulitan menerima pelajaran disekolahnya. Ada pun orang yang membuka les dengan datang kerumah-rumah, itu lebih mempermudah lagi agar kita masih tetap bisa belajar tanpa harus keluar rumah.  Oleh karena itu bagaimana pun caranya kita harus menanamkan minat belajar dimana pun kapan pun, agar anak Indonesia sukses dan terciptanya pandangan Negara lain bahwa ‘’Indonesia bukan hanya kaya sumberdaya alam, namun ternyata Indonesia juga kaya akan ilmu’’.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar